Sistem Pakar adalah
suatu program komputer yang mengandung pengetahuan dari beberapa pakar
manusia mengenai suatu bidang spesifik. Pertama kali jenis program ini
dikembangkan oleh periset kecerdasasn buatan pada dasawarsa 1960-an dan
1970-an dan diterapkan secara komersial pada 1980-an. Bentuk umum dari
sitem pakar adalah suatu program yang dibuat berdasrkan suatu set
aturan yang menganalisis informasi ( biasanya diberikan oleh pengguna
suatu sistem ) mengenai kelas suatu masalh spesifik serta analisis
matematis dari masalh tersebut. tergantung dari desainnya, sistem pakar
juga mampu merekomendasikan suatu rangkaian tindakan pengguna untuk
dapat menerapkan koreksi. Sistem ini memanfaatkan kapabilitas penalaran
untuk mencapai suatu simpulan.
Sistem
pakar dan jaringan saraf memiliki potensi terbesar untuk digunakan
dalam memecahkanmasalah bisnis. Keduanya mirip contoh sistem berbasis
pengetahuan.
Daya tarik Sistem Pakar
- Menawarkan kesempatan untuk dapat membuat keputusan yang melebihi kemampuan manager.
- Dapat menjelaskan alur penalaranya dalam mencapai suatu pemecahan masaslah.
Terdiri dari 4 bagian utama :
- User interface, memungkinkan pemakai untuk beriteraksi dengan sistem pakar.
- Knowledge Base, menyimpan akumulasi pengetahuan dari masalah yang akan diselesaikan.
- Inference Engine, menyediakan kemampuan penalaran yang menafsirkan isi knowledge base.
- Development Engine, pakar dan analis sistem menggunakan ini untuk menciptakan sistem pakar.
Memungkinkan
manager untuk memasukkan intruksi dan informasi kedalam sistem pakar
dan menerima informasi dari sistempakar. Intruksi tersebut menentukan
parameter yang mengarahkan sistem pakar melalui proses panalaran.
Informasi tersebut berupa nilai yang diberikan pada variable tersebut.
Input sistem Pakar
Format interface yang sangat populer saat ini adalah graphical user interface, yang menampilkan tampilan windows.
Output Sistem Pakar
Sistem pakar dirancang untuk menyarankan pemecahan. Pemecahan ini dilengkapi dengan penjelasasn.
Ada 2 jenis penjelassan :
- Penjelasan atas pertanyaan. sistem pakar akan memeinta manager untuk memasukkan sejumlah informasi. Manager menanyakan mengapa informasi itu diperlukan dan sistem pakar menyediakan penjelasanya.
- Penjelasan atas masalah. Setelah sistem pakar memberikan pemecahan masalah, manager dapat meminta penyelesaian bagaimana itu dicapai. sistem pakar akan menampilkan tiap langkah-langkah penalaran yang menuju penyelesaian.
Memuat
fakta-fakta yang menjelaskan area masalah dan menerangkan bagaimana
bagaimana fakta-fakta tersebut bisa cocok satu dengan yang lain dengan
urutan yang logis. Problem Domain digunakan unutk menjelaskan area
masalah.
Aturan
Teknik penyelesaian masalah yang populer adalh penggunaan aturan. Aturan menentukan apa yang harus dilakukan dalam situasi & terdiri dari 2 bagian: suatu kondisi yang mungkin benar, mungkin tidak dan tindakan yang harus diambil jika kodisinya benar.
Inference Engine
Adalah bagian dari sistem pakar yg melakukan penalaran dgn menggunakan isi knowledge base berdasarkan urutan.
2 metode utama telah dibuat bagi inference engine untuk menguji aturan: penalaran maju (forward reasoning) & penalaran mundur (reserve reasoning).
Development Engine
Pd proses ini melibatkan perangkat aturan. Ada 2 pendekatan dasar :
- Bahasa Pemrograman
- Shell sistem pakar
Shell sistem pakar membuat
kecerdasan buatan terjangkau oleh perusahaan yang tidak memiliki SD
yang diperlukan untuk mengembangkan sistem sendiri dengan menggunakan
bahassa pemrograman. Ini merupakan cara terpopuler bagi perusahaan yang
menerapkan sistem berbasis pengetahuan.
Keuntungan dan kerugian menggunakan suistem pakar
1. Keuntungan bagi Manager.
- Mempertimbangkan lebih banyak alternatif.
- Menerapkan logika yang lebih tinggi.
- Menyediakan lebih banyak waktu untukmengevaluasi hasil keputusan.
- Membuat keputusan yang lebih konsisten.
- Kinerja perusahaan lebih baik.
- Mempertahankan pengendalian atas pengetahuan perusahaan.
Kerugian sistem Pakar
Dua karakteristik sistem pakar membatasi kemampuanya sebagai alat pemecah masalah bisnis.
- Tidak dapat mengatasi masalh yang tidak konsisten. Ini merupakan kerugian karena dalam bisnis hanya sedikit yang tetap sepanjang waktu jarena berubah-ubahnya usia manusia.
- Tidak dapat melakukan penilaian dan intuisi yang merupakan inti penting saat memecahkan masalah semi terstruktur atau tidak terstruktur.
Kunci menuju Pengembangan Sistem Pakar Yang Berhasil
Dengan menggunakan umpan balik dari responden survey Prof.Gill mengidentifikasi 5 area diana pengembangan dapat diperbaiki.
- Koordinasikan pengembang sistem pakar dengan rencana bisnis strategi dan rencana strategis untuk sd informasi
- Definisikan secara jelas masalah yang akan dipecahkan dan akan dipahami sepenuhnya problem domain
- Berikan perhatian khusus bagi kelayakan legal ( dan etis ) dari sistem yang diusulkan.
- pahami sepenuhnya perhatian pemakai tentang proyek pengembagan maupun harapan mereka pada sistem operasional.
- Gunakan teknik management yang dirancang untuk menjaga tingkat kelelahan pengembang pada batas yang dadpat diterima.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar